Selasa, 13 Juni 2017

Manfaat Daun Kayu Putih Untuk Kesehatan

DAUN KAYU PUTIH
================>>
Kayu putih dapat tumbuh di tanah tandus, tahan panas dan dapat bertunas kembali setelah terjadi kebakaran. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 400 m dpi., dapat tumbuh di dekat pantai di belakang hutan bakau, di tanah berawa atau membentuk hutan kecil di tanah kering sampai basah. Pohon, tinggi 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan. Batang pohonnya tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung kebawah. Daun tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling. Helaian daun berbentuk jorong atau lanset, panjang 4,5-15 cm, lebar 0,75-4 cm, ujung dan pangkalnya runcing, tepi rata, tulang daun hampir sejajar. Permukaan daun berambut, warna hijau kelabu sampai hijau kecoklatan, Daun bila diremas atau dimemarkan berbau minyak kayu putih. Perbungaan majemuk bentuk bulir, bunga berbentuk seperti lonceng, daun mahkota warna putih, kepala putik berwarna putih kekuningan, keluar di ujung percabangan. Buah panjang 2,5-3 mm, lebar 3-4 mm, warnanya coklat muda sampai coklat tua. Bijinya halus, sangat ringan seperti sekam, berwarna kuning. Buahnya sebagai obat tradisional disebut merica bolong. Ada beberapa varietas pohon kayu putih. Ada yang kayunya berwarna merah, dan ada yang kayunya berwarna putih. Rumphius membedakan kayu putih dalam varietas daun besar dan varietas daun kecil. Varietas yang berdaun kecil, yang digunakan untuk membuat minyak kayu putih. Daunnya, melalui proses penyulingan, akan menghasilkan minyak atsiri yang disebut minyak kayu putih, yang warnanya kekuning-kuningan sampai kehijau-hijauan. Perbanyakan dengan biji atau tunas akar.

Minyak kayu putih sudah sejak lama dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan di antara khasiat yang sangat bagus dari kayu putih termasuk juga daunya , daun kayu putih juga memiliki kesaman manfat dengan Titan Gel yaitu mampu menjaga serta memaksimalkan stamina ereksi daya gedor tahan lama dan selain sebagai obat herbal juga masih banayak lagi khasiat yang di miliki oleh daun kayu putih yang memiliki manfaat sama dengan Titan Gel. Kayu putih merupakan tumbuhan asli Australia. Oleh suku Aborigin, yaitu suku asli Australia, minyak kayu putih digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan infeksi dan luka pada kulit.

Selain itu, bau minyak kayu putih yang khas membuat orang yang menghirupnya menjadi lebih tenang dan lebih fresh. Anak kecil biasanya dibalur minyak kayu putih setelah mandi untuk memberinya kehangatan.

Namun, selain manfaat tersebut, ternyata minyak kayu putih menyimpan manfaat lain yang lebih banyak lagi dan mungkin belum Anda ketahui

Kayu putih adalah sejenis pohon dimana hasil minyak dari olahan daun keringnya dapat digunakan untuk obat. Meskipun kayu putih digunakan untuk banyak tujuan kesehatan, namun belum ada bukti ilmiah untuk menilai seberapa efektif kegunaannya. Tanaman kayu putih masuk dalam anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) dan genus Melaleuca.
ads

Minyak kayu putih bisa digunakan sendiri maupun dikombinasikan dengan bahan lain seperti sebagai lotion antiseptik yang digunakan untuk mengobati nyeri sendi (rematik) dan nyeri lainnya. Minyak kayu putih memiliki bau camphoraceous yang kuat seperti bau enceng gondok yang memiliki kandungan herbal.

Kandungan Minyak Kayu Putih dan Sifatnya

Dalam minyak kayu putih terkandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi tubuh, seperti eucalyptol, valeraldehyde, sequiterpene, pinocarveol, pinen, terpinol, camphen globulal, cineol, fenchen, serta butylaldehyde.

Minyak kayu putih dapat meredakan masalah pernapasan, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, bronkitis, dan sinusitis.

Menghirup uap minyak kayu putih  juga dapat meringankan pilek dan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan oleh kandungan antibakteri dalam minyak kayu putih dapat menghilangkan bakteri pada saluran pernapasan.

Selain dengan cara dihirup, mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dan tenggorokan juga mampu meredakan gejala batuk dan pilek. Karena manfaatnya ini, minyak kayu putih pun dapat kita temukan dalam tablet hisap untuk meredakan batuk dan juga dalam inhaler.

Untuk penderita asma, mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dapat memberi efek menenangkan pada tenggorokan sehingga dapat melebarkan pembuluh darah.

Hal ini memungkinkan lebih banyak oksigen mengalir ke paru-paru sehingga pernapasan dapat berjalan normal. Antiinflamasi yang terkandung dalam minyak kayu putih juga berperan dalam meredakan gejala asma.

Berkumur dengan minyak kayu putih yang dicampur dengan air hangat secara konsisten juga mampu mengobati sakit tenggorokan. Karena manfaat yang dapat dihasilkannya ini, tidak heran jika banyak obat-obatan, seperti obat batuk dan pilek, mengandung minyak kayu putih di dalamnya.

Minyak kayu putih diproduksi dari ekstrak daun segar maupun ranting pohon kayu putih. Hasil olahan ini dapat digunakan untuk mengobati pilek, sakit kepala, sakit gigi, tumor; melonggarkan dahak dan dapat juga diterapkan sebagai tonik. Beberapa orang beranggapan bahwa menerapkan minyak kayu putih pada kulit dapat menghindari infeksi karena tungau (scabies) dan infeksi jamur pada kulit (panu). Berikut ini ulasan manfaat minyak kayu putih selengkapnya :

1.  Aromaterapi

Minyak kayu putih memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba, sehingga sering digunakan dalam berbagai jenis produk sabun, deodorant, losion, parfum, seperti manfaat minyak zaitun. Minyak kayu putih memberikan sensasi hangat pada tubuh serta memiliki aroma lebih lembut, sehingga memberikan efek menenangkan.

Selain itu, minyak kayu putih merupakan minyak essensial yang dapat memberikan sensasi aromaterapi, yang dapat digunakan untuk mengurangi kabut otak, kelesuan, dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, dapat membantu mengusir kecemasan serta mendorong perasaan percaya diri.

2. Meredakan gangguan keluhan perut

Sensasi hangat yang timbul saat mengoleskan minyak kayu putih di perut dapat mengurangi gejala perut kembung, masuk angin, sakit perut, maupun rasa mual.

3. Mengobati pusing atau sakit kepala

Sakit kepala mengakibatkan aktivitas sehari-hari jadi terganggu, apalagi jika hal tersebut terjadi pada saat kita sedang bekerja. Gangguan ini harus segera diobati agar tidak menghambat aktivitas. Berbagai cara bisa digunakan untuk menghilangkan gangguan ini, misalnya saja dengan minum obat sebagai penghilang rasa nyeri sakit kepala.

Namun, menghilangkan rasa sakit dengan media obat harus memperhatikan aturan pemakaian maupun dosisnya. Misalnya obat tersebut harus dikonsumsi setelah makan maupun aturan-aturan yang lain. Selain itu, mengkonsumsi obat juga dapat menimbulkan efek samping seperti mengantuk, mual, dan sebagainya yang justru akan menghambat aktivitas kita. Jika masih ada cara alami untuk mengobati gangguan ini, sebaiknya hindarilah penggunaan obat-obatan.

Salah satu cara alami untuk menghilangkan rasa pusing atau sakit kepala adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher bagian belakang dan samping. Hal ini akan memberikan udara yang segar dan dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih rileks. Tubuh akan semakin tenang dan tidak tegang, sehingga hal tersebut bisa mengurangi rasa pusing dan sakit kepala.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat membantu meringankan nyeri pada persendian. Bahkan, beberapa krim atau salep yang berfungsi untuk meringankan rasa sakit akibat osteoartritis dan rematoid artritis mengandung minyak kayu putih.

Uap minyak kayu putih merupakan analgesik dan antiinflamasi. Pemakaian minyak kayu putih direkomendasikan untuk Anda yang menderita rematik, sakit pinggang, terkilir, otot kaku, pegal-pegal, dan nyeri saraf.

Mengoleskan minyak kayu putih pada daerah sendi atau otot yang terasa nyeri dan memijatnya dengan lembut dapat membantu meringankan tekanan dan nyeri pada sendi dan otot tersebut. Hal ini karena minyak kayu putih memiliki efek relaksasi pada sistem saraf dan otot.

Minyak kayu putih dapat meningkatkan aliran darah pada area yang terasa nyeri sehingga dapat mengurangi peradangan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI